Pages

Senin, 28 April 2014

TELECOMMUNICATION ADN NETWORKS



selasa 29/04/2014

MAKALAH

TELECOMMUNICATION AND NETWORKS



Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Penerapan Komputer Universitas
Dosen  : Ir. Agus Hexagraha



Disusun Oleh :
          Risa Sa’diyyah Hasna             (133020310)
           Faris Jaisyul Aziz                    (133020318)
            Ramadhina Nurawalya Kamil (133020347)








JURUSAN TEKNOLOGI PANGAN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PASUNDAN
BANDUNG
2014






 KATA PENGANTAR

Puji serta syukur kami panjatkan kepada kehadirat Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Shalawat serta salam selalu terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil alamin.
Alhamdulillah atas berkat rahmat dan ridho-nya penulis dapat menyelesaikan makalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Penerapan Komputer mengenai “Telecommunication and Networks”.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Olehnya itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan kelemahan. Sehingga, saran dan kritik sangat diharapkan oleh penulis untuk kebaikan dan kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat di terima serta bermanfaat bagi semuanya khususnya penulis, juga menjadi amal ibadah kebaikan dari Allah swt kepada penulis.


Bandung, 24 Maret 2014
                                                                                    Tim Penulis
 




BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar belakang
Perkembangan teknologi komputer saat ini telah menghasilkan pencapaian yang sangat signifikan, baik dari segi perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), maupun jaringan (network). Hal ini didorong oleh semakin tingginya kebutuhan manusia akan pengolahan informasi serta kebutuhan akan kemudahan, kecepatan, dan ketepatan dalam melakukan kegiatan sehari-hari maupun dalam dunia kerja.
Mulai dari pemakaian yang biasa seperti kegiatan perkantoran, belajar mengajar sampai dengan kegiatan yang membutuhkan spesifikasi hardware, software, dan network yang tinggi seperti kegiatan mengelola data perbankan, akuntansi, pengolahan audio, video, pengolahan citra, enkripsi data dan jaringan komputer. Dalam proses perkembangannya, teknologi komputer disesuaikan dengan kebutuhan manusia yang semakin kompleks dan penuh dengan persyaratan.
Khususnya pada perkembangan teknologi perangkat lunak jaringan komputer. Dimana saat ini kebutuhan terhadap komunikasi dan memperoleh informasi menjadi sebuah perkembangan yang sangat diminati. Pemanfaatan teknologi jaringan komputer ini memperbolehkan manusia untuk berkomunikasi dengan murah dan mendapatkan informasi dan data yang diinginkan dengan mudah.


 



BAB II
PEMBAHASAN

Telekomunikasi dan teknologi jaringan internetworking dan revolusi bisnis dan masyarakat. Bisnis telah menjadi perusahaan jaringan. Internet, Web, dan intranet dan extranet yang jaringan proses bisnis dan karyawan bersama-sama dan menghubungkan mereka dengan pelanggan, pemasok, dan pemangku kepentingan bisnis lainnya. Perusahaan dan kelompok kerja sehingga dapat berkolaborasi lebih masing, mengelola operasi bisnis mereka dan sumber daya secara lebih efektif, dan bersaing dengan sukses dalam ekonomi global yang cepat berubah.
Menurut definisi, jaringan istilah berarti saling berhubungan atau saling rantai, kelompok, atau sistem. Menggunakan definisi ini, kita dapat mulai mengidentifikasi semua jenis jaringan: rantai hotel, sistem jalan, nama-nama dalam buku seseorang alamat atau PDA, sistem kereta api, para anggota gereja, klub, atau organisasi. Contoh-contoh dari karya di dunia kita yang hampir tak terbatas, dan jaringan komputer, meskipun keduanya berharga dan kuat, hanya salah satu contoh dari konsep. Konsep jaringan dapat dinyatakan sebagai rumus matematika yang menghitung jumlah kemungkinan hubungan atau interaksi dalam komunikasi satu arah lingkungan: N (N 1), Atau N 2 N. Dalam rumus, N mengacu pada jumlah node (titik sambungan) pada jaringan. Jika hanya beberapa node yang ada pada jaringan, jumlah koneksi yang mungkin cukup kecil. Menggunakan rumus, kita melihat bahwa tiga node menghasilkan hanya 6 koneksi mungkin. Sebuah jaringan dari 10 node menghasilkan agak lebih besar nomor 90 koneksi. Justru ketika sejumlah besar node yang terhubung bahwa jumlah dimungkinkan koneksi tumbuh untuk proporsi yang signifikan. Sebuah jaringan dengan 100 node memiliki 9.900 koneksi mungkin, dan jaringan dengan 1.000 node memiliki 999.000 sambungan mungkin. Jenis pertumbuhan matematika disebut eksponensial. Istilah ini hanya berarti bahwa pertumbuhan jumlah koneksi berkali-kali lebih besar dari jumlah node. Menambahkan hanya satu node jaringan membuat jumlah koneksi tumbuh berkali-kali lebih besar. Pikirkan efek menambahkan masuk dan keluar jalan baru pada sistem jalan raya yang menghubungkan 30.000 kota dan kota-kota. Berapa banyak lebih banyak koneksi apakah itu satu jalan baru buat? Mungkin lebih relevan adalah pengaruh penambahan satu addi-internasional seseorang sebagai teman Facebook, MySpace, Plaxo atau akun Anda. Jika Anda memiliki 100 teman unik yang masing-masing memiliki 100 teman-teman yang unik dan teman baru memiliki 100 teman-baik yang unik, Anda mendapatkan gambar. Itulah yang bagian berikutnya adalah semua tentang.

A.    Trend di Telekomonikasi
Telekomunikasi adalah pertukaran informasi dalam bentuk apapun (suara, data, teks, im-usia, audio, video) melalui jaringan. Jaringan telekomunikasi awal tidak menggunakan komputer untuk lalu lintas rute dan, dengan demikian, jauh lebih lambat dari jaringan berbasis komputer saat ini. Tren utama yang terjadi di bidang telekomunikasi memiliki dampak yang signifikan pada keputusan manajemen di daerah ini. Dengan demikian, Anda harus menyadari tren utama dalam industri telekomunikasi, teknologi, dan aplikasi yang secara signifikan meningkatkan alternatif keputusan yang dihadapi manajer bisnis dan profesional
1.      Industri telekomonikasi
 Kancah persaingan untuk layanan telekomunikasi telah berubah secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Industri telekomunikasi telah berubah dari monopoli yang diatur pemerintah ke pasar deregulasi dengan pemasok sangat kompetitif layanan telekomunikasi. Banyak perusahaan sekarang menawarkan bisnis dan konsumen pilihan segala sesuatu dari layanan telepon lokal dan global untuk komunikasi
saluran satelit, radio mobile, televisi kabel, layanan telepon seluler, dan akses Internet. Ledakan pertumbuhan Internet dan World Wide Web telah melahirkan sejumlah produk baru telekomunikasi, jasa, dan penyedia. Mengemudi dan merespon pertumbuhan ini, perusahaan bisnis telah secara dramatis meningkatkan penggunaan Internet dan Web untuk perdagangan elektronik dan kolaborasi. Dengan demikian, layanan dan pemasok pilihan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi perusahaan ini telah diberkerut signifikan, karena memiliki alternatif pengambilan keputusan seorang manajer bisnis
2.      Teknologi
sistem terbuka dengan konektivitas terbatas, menggunakan teknologi jaringan internet sebagai platform teknologi mereka, yang saat ini utama teknologi telekomunikasi pengemudi. Web browser suite, editor halaman web HTML, Internet dan server intranet dan perangkat lunak manajemen jaringan, TCP / IP produk-produk jaringan Internet, dan firewall keamanan jaringan yang hanya beberapa contoh. Teknologi ini sedang diterapkan dalam aplikasi Internet, intranet, extranet dan, terutama untuk perdagangan elektronik dan kolaborasi. Tren ini telah memperkuat industri sebelumnya dan bergerak ke arah teknis membangun jaringan client / server didasarkan pada arsitektur terbuka- sistem. Buka sistem adalah sistem informasi yang menggunakan standar umum untuk hardware, software, aplikasi, dan jaringan. Buka sistem, seperti internet dan intranet perusahaan dan ekstranet, menciptakan lingkungan komputasi yang terbuka untuk akses mudah oleh pengguna akhir dan sistem komputer jaringan mereka. Buka sistem menyediakan lebih con - tivitas nirkabel, yaitu, kemampuan jaringan komputer dan perangkat lain untuk mengakses dan berkomunikasi dengan satu sama lain dengan mudah dan berbagi informasi. Setiap open- sistem arsitektur yang juga menyediakan tingkat tinggi interoperabilitas jaringan. Artinya, sistem terbuka memungkinkan berbagai kegiatan yang berbeda dari pengguna akhir yang akan dicapai dengan menggunakan varietas yang berbeda dari sistem komputer, paket software, dan database yang disediakan oleh berbagai jaringan yang saling berhubungan. Sering, perangkat lunak yang dikenal sebagai middleware dapat digunakan untuk membantu sistem yang beragam bekerja sama. Middleware adalah istilah umum untuk setiap program yang berfungsi untuk lem bersama-sama atau memediasi antara dua program terpisah , dan biasanya sudah ada. Sebuah aplikasi umum dari middleware adalah untuk memungkinkan program yang ditulis untuk akses ke database tertentu ( misalnya , DB2 ) untuk mengakses database lain ( misalnya , Oracle ) tanpa perlu coding kustom . Middleware umumnya dikenal sebagai pipa dari suatu sistem informasi menjadi penyebab itu rute data dan informasi yang transparan antara sumber data back-end yang berbeda dan aplikasi pengguna akhir . Hal ini tidak sangat menarik untuk melihat - biasanya tidak memiliki banyak, jika ada , yang terlihat " front end " sendiri - tetapi merupakan komponen penting dari infrastruktur TI karena memungkinkan sistem yang berbeda untuk bergabung bersama dalam kerangka umum . Telekomunikasi juga sedang merevolusi oleh perubahan yang cepat dari analog ke teknologi jaringan digital . Sistem telekomunikasi selalu bergantung pada sistem transmisi analog suara berorientasi dirancang untuk mengirimkan electrical frekuensi variabel yang dihasilkan oleh gelombang suara dari suara manusia. Namun, jaringan telekomunikasi lokal dan global dengan cepat mengkonversi ke digital teknologi penularan yang mengirimkan informasi dalam bentuk pulsa diskrit , sebagai komputer lakukan . Konversi ini menyediakan kecepatan transmisi ( 1 ) secara signifikan lebih tinggi , ( 2 ) pergerakan sejumlah besar informasi , ( 3 ) ekonomi yang lebih besar , dan tingkat kesalahan ( 4 ) jauh lebih rendah dibandingkan dengan sistem analog . Selain itu, teknologi digital memungkinkan jaringan telekomunikasi munications untuk membawa beberapa jenis komunikasi ( data, suara , video) di sirkuit yang sama . Kecenderungan utama lainnya dalam teknologi telekomunikasi adalah perubahan dari ketergantungan pada tembaga kawat berbasis media dan sistem estafet microwave darat ke jalur serat optik dan seluler , satelit komunikasi , dan teknologi nirkabel lainnya . Transmisi serat optik , yang menggunakan pulsa sinar laser yang dihasilkan , menawarkan Advan - tages signifikan dalam hal ukuran berkurang dan usaha instalasi , kapasitas komunikasi jauh lebih besar , kecepatan transmisi lebih cepat , dan bebas dari gangguan listrik . Transmisi satelit menawarkan keuntungan yang signifikan bagi organisasi yang perlu untuk mengirimkan jumlah besar data , audio , dan video melalui jaringan global , terutama untuk daerah-daerah terpencil . Selular , radio mobile, dan sistem nirkabel lainnya menghubungkan telepon selular , PDA , dan peralatan nirkabel lainnya ke Internet dan jaringan perusahaan .
3.      Trends Bisnis aplikasi
Perubahan dalam industri telekomunikasi dan teknologi hanya disebutkan menyebabkan perubahan yang signifikan dalam penggunaan bisnis telekomunikasi. Kecenderungan ke arah yang lebih vendor, layanan, teknologi internet, dan sistem terbuka, dan pertumbuhan yang cepat dari Internet, World Wide Web, dan intranet perusahaan dan ekstranet, secara dramatis meningkatkan jumlah aplikasi telekomunikasi layak. Dengan demikian, jaringan telekomunikasi kini memainkan peran vital dan meresap dalam proses Web-enabled e-bisnis, e-commerce, kolaborasi perusahaan, dan aplikasi busi-ness lain yang mendukung operasi, manajemen, dan tujuan strategis perusahaan bisnis besar maupun kecil .



B.     Revolusi Internet
ledakan pertumbuhan internet adalah fenomena revolusioner dalam komputasi dan telekomunikasi . Internet telah menjadi jaringan terbesar dan paling penting dari jaringan saat ini dan telah berkembang menjadi superhighway informasi global . Kita bisa memikirkan internet sebagai jaringan yang terdiri dari jutaan jaringan pribadi yang lebih kecil , masing-masing dengan kemampuan untuk beroperasi independen , atau selaras dengan , semua mil - singa lain dari jaringan yang terhubung ke Internet . Ketika jaringan ini jaringan mulai tumbuh pada bulan Desember 1991 , itu memiliki sekitar 10 server . Pada Januari 2004 , Internet diperkirakan memiliki lebih dari 46 juta server yang terhubung dengan tingkat pertumbuhan yang berkelanjutan lebih dari 1 juta server per bulan . Pada bulan Januari 2007 , Internet diperkirakan memiliki lebih dari 1 miliar pengguna dengan situs Web dalam 34 bahasa dari bahasa Inggris ke Islandia . Sekarang adalah beberapa pertumbuhan ! Internet terus berkembang karena semakin banyak bisnis dan organisasi-organisasi yang lain dan pengguna mereka , komputer , dan jaringan bergabung Web global . Ribuan bisnis , pendidikan , dan jaringan penelitian sekarang menghubungkan jutaan sistem komputer dan pengguna di lebih dari 200 negara . Pengguna Internet diproyeksikan untuk tahun 2010 diharapkan ke atas 2 miliar pengguna mark , yang masih hanya mewakili sekitar sepertiga dari populasi dunia . Terapkan angka ini untuk hukum Metcalfe , dan Anda dapat melihat bahwa jumlah koneksi yang mungkin adalah luar biasa . Net tidak memiliki sistem komputer pusat atau pusat telekomunikasi . Namun demikian , 13 server yang disebut root server yang digunakan untuk menangani sebagian besar routing lalu lintas dari satu komputer ke komputer lain . Setiap pesan yang dikirim memiliki kode iklan - dress yang unik , sehingga setiap server Internet di jaringan dapat meneruskannya ke tujuan . Selain itu, internet tidak memiliki kantor pusat atau badan . Penasehat dan standar internasional kelompok anggota individu dan korporasi , seperti Internet Soci - ety ( www.isoc.org ) dan World Wide Web Consortium ( www.w3.org ) , mempromosikan penggunaan Internet dan pengembangan standar komunikasi baru . Standar com - mon ini adalah kunci untuk aliran bebas dari pesan antara komputer yang berbeda secara luas dan jaringan dari banyak organisasi dan penyedia layanan Internet ( ISP ) dalam sistem .
1.      ISP
Salah satu aspek unik dari Internet adalah bahwa tidak ada yang benar-benar memilikinya. Siapa saja yang dapat mengakses Internet dapat menggunakannya dan layanan yang ditawarkan. Karena Internet tidak dapat diakses secara langsung oleh individu, kita perlu menggunakan jasa sebuah perusahaan yang spe-cializes dalam menyediakan akses yang mudah. Sebuah ISP, atau penyedia layanan Internet, adalah perusahaan yang menyediakan akses ke Internet untuk individu dan organisasi. Untuk biaya bulanan, penyedia layanan memberikan Anda sebuah paket perangkat lunak, nama pengguna, password, dan akses nomor telepon atau protokol akses. Dengan informasi ini (dan beberapa keras-ware khusus), maka Anda dapat masuk ke Internet, menelusuri World Wide Web, dan mengirim dan menerima e-mail. Selain melayani individu, ISP melayani perusahaan besar, menyediakan koneksi langsung dari jaringan perusahaan ke Internet. ISP ini sendiri terhubung satu sama lain melalui titik akses jaringan. Melalui koneksi ini, salah satu ISP dapat dengan mudah terhubung ke ISP lain untuk memperoleh informasi tentang alamat situs Web atau pengguna simpul
2.      APLIKASI INTERNET
Aplikasi Internet yang paling populer adalah e -mail , pesan instan , browsing situs di World Wide Web , dan berpartisipasi dalam newsgroup dan chat room . Pesan e -mail antar -net biasanya tiba dalam hitungan detik atau beberapa menit di mana saja di dunia dan dapat mengambil bentuk file data , teks, fax , dan video. Browser Internet lunak seperti Netscape Navigator dan Internet Explorer memungkinkan jutaan pengguna untuk berselancar di World Wide Web dengan mengklik jalan mereka ke informasi multimedia - sumber kembali disimpan pada halaman hyperlink bisnis , pemerintah, dan situs Web lain . Situs web menawarkan informasi dan hiburan dan situs peluncuran transaksi e -commerce antara perusahaan dan pemasok dan pelanggan. Internet menyediakan forum diskusi elektronik dan sistem papan buletin dibentuk dan dikelola oleh ribuan newsgroup minat khusus . Anda dapat berperan serta dalam diskusi atau pesan kirim ke segudang topik untuk pengguna lain dengan minat yang sama . Aplikasi populer lainnya termasuk men-download perangkat lunak dan informasi file dan mengakses database yang disediakan oleh berbagai bisnis, Pemerintah, dan organisasi lainnya . Anda dapat melakukan pencarian online untuk informasi tentang situs Web dalam berbagai cara dengan menggunakan situs pencari dan mesin pencari seperti Yahoo! , Google , dan Cepat Cari . Log on ke komputer lain di Internet dan memegang percakapan real-time dengan pengguna Internet lainnya di chat room juga menggunakan populer dari Internet .
3.      BISNIS PENGGUNA INTERNET
penggunaan bisnis Internet telah berkembang dari pertukaran informasi elektronik untuk platform yang luas untuk aplikasi bisnis strategis. Perhatikan bagaimana aplikasi seperti kolaborasi antara mitra bisnis, pelanggan dan vendor menyediakan dukungan, dan e-commerce telah menjadi penggunaan bisnis utama dari Inter-net. Perusahaan juga menggunakan teknologi internet untuk pemasaran, penjualan, dan aplikasi manajemen hubungan cus-tomer, serta untuk aplikasi bisnis lintas fungsional, dan aplikasi di bidang teknik, manufaktur, sumber daya manusia, dan akuntansi. Mari kita lihat contoh dunia nyata.

C.    Nilai Bisnis INTERNET
Internet menyediakan sintesis komputasi dan kemampuan komunikasi yang memberikan nilai tambah ke setiap bagian dari siklus bisnis .
Apa nilai bisnis yang berasal dari perusahaan aplikasi bisnis mereka di Internet ? Gambar 6.7 meringkas berapa banyak perusahaan melihat nilai bisnis dari Internet untuk e -commerce . Penghematan biaya besar dapat muncul karena aplikasi yang menggunakan teknologi Internet dan berbasis Internet ( seperti intranet dan extranet ) biasanya lebih murah untuk mengembangkan , mengoperasikan , dan memelihara daripada sistem tradisional . Sebagai contoh, sebuah perusahaan penerbangan menghemat uang setiap kali pelanggan menggunakan situs Web-nya bukan sistem telepon dukungan pelanggan . Diperkirakan bahwa untuk jenis transaksi tertentu , penghematan biaya transaksi yang signifikan untuk online versus saluran yang lebih tradisional . Misalnya, pemesanan reser - elevasi melalui Internet biaya sekitar 90 persen lebih sedikit untuk maskapai daripada pemesanan reservasi yang sama melalui telepon . Industri perbankan juga menemukan penghematan biaya yang signifikan melalui Internet . Sebuah transaksi perbankan online khas ( pembayaran , cek saldo , cek pembayaran ) diperkirakan biaya mana saja dari 50 persen menjadi 95 persen lebih sedikit daripada rekan batu bata - dan - mortir tersebut . Sumber utama lain dari nilai bisnis meliputi menarik pelanggan baru dengan in- novative pemasaran dan produk , serta mempertahankan pelanggan sekarang dengan meningkatkan layanan pelanggan dan dukungan . Tentu saja, menghasilkan pendapatan melalui aplikasi e -commerce merupakan sumber utama dari nilai bisnis. UNTUK meringkas, sebagian besar perusahaan sedang membangun e-bisnis dan situs Web e-commerce untuk mencapai enam nilai bisnis utama: • Menghasilkan pendapatan baru dari penjualan online. • Mengurangi biaya transaksi melalui penjualan online dan dukungan pelanggan. • Menarik pelanggan baru melalui pemasaran Web dan iklan dan penjualan online. • Saya ncrease loyalitas pelanggan yang sudah ada melalui peningkatan layanan pelanggan dan dukungan Web. • Mengembangkan pasar berbasis web baru dan saluran distribusi untuk produk yang sudah ada. • D produk berbasis informasi evelop baru dapat diakses di Web.
D.    Peran Internet
Banyak perusahaan memiliki intranet yang canggih dan meluas , menawarkan pengambilan rinci data, alat-alat kolaborasi , profil pelanggan pribadi , dan link ke Internet . Investasi di intranet , mereka merasa , adalah sebagai fundamental sebagai memasok karyawan dengan telepon .
Sebelum kita melangkah lebih jauh , mari kita mendefinisikan kembali konsep intranet , untuk menekankan secara khusus bagaimana intranet terkait dengan Internet dan ekstranet . Sebuah intranet adalah sebuah jaringan dalam sebuah organisasi yang menggunakan teknologi Internet ( seperti Web browser dan server , protokol jaringan TCP / IP , HTML hypermedia penerbitan dokumen dan database , dan sebagainya ) untuk menyediakan lingkungan - Internet seperti dalam masuk - hadiah untuk berbagi informasi , komunikasi , kolaborasi, dan dukungan dari proses usaha. Sebuah intranet dilindungi oleh langkah-langkah keamanan seperti password , enkripsi , dan firewall , dan dengan demikian dapat diakses oleh pengguna uthorized melalui Internet . Intranet Sebuah perusahaan juga dapat diakses melalui intranet custom- ers , pemasok , dan mitra bisnis lainnya melalui link extranet
E.     Komunikasi dan Kolaborasi .
Intranet secara signifikan dapat meningkatkan komunitas- tual dan kolaborasi dalam perusahaan. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan browser - tranet dan PC atau NC workstation untuk mengirim dan menerima e -mail , voice mail , halaman , dan faks untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam organisasi Anda , serta mantan ternally melalui Internet dan extranet . Anda juga dapat menggunakan intranet groupware ciri-ciri untuk meningkatkan tim dan kolaborasi proyek dengan layanan seperti kelompok diskusi , chat room , dan audio dan konferensi video.
F.     Penerbitan web
Keuntungan dari pengembangan dan penerbitan dokumen hyperlink multime - dia ke database hypermedia diakses di World Wide Web server telah pindah ke intranet perusahaan . Kemudahan komparatif , daya tarik , dan biaya yang lebih rendah dari penerbitan dan mengakses informasi bisnis multimedia secara internal melalui situs web intranet telah menjadi alasan utama untuk pertumbuhan eksplosif dalam penggunaan intranet dalam bisnis . Sebagai contoh, produk informasi beragam seperti newsletter perusahaan, gambar teknis - kal , dan katalog produk dapat diterbitkan dalam berbagai cara , termasuk halaman hypermedia Web , e -mail , dan penyiaran bersih , dan sebagai bagian dari in- house bisnis aplikasi . Browser software intranet , server , dan mesin pencari dapat membantu Anda EAS - ily menavigasi dan mencari informasi bisnis yang Anda butuhkan .
G.    Operasi dan Manajemen Bisnis
Intranet telah bergerak lebih dari sekedar mak - ing informasi hypermedia yang tersedia pada server Web atau mendorongnya untuk pengguna melalui siaran bersih. Intranet juga digunakan sebagai platform untuk mengembangkan dan menyebarkan aplikasi bisnis penting untuk mendukung operasi bisnis dan manajerial pembuatan keputusan di perusahaan internetworked . Sebagai contoh, banyak perusahaan yang mengembangkan aplikasi kustom seperti pemrosesan order , inventory control , penjualan manusia pengelolaan , dan portal informasi perusahaan yang dapat diimplementasikan pada intranet, extranet , dan Internet . Banyak dari aplikasi ini dirancang untuk antarmuka dengan dan mengakses database perusahaan yang ada dan sistem warisan . Perangkat lunak untuk seperti busi - ness menggunakan kemudian diinstal pada intranet Web server . Karyawan dalam perusahaan atau mitra bisnis eksternal dapat mengakses dan menjalankan aplikasi tersebut dengan menggunakan Web browser dari mana saja pada jaringan bila diperlukan .

H.    Jenis telekomunikasi jaringan
Banyak jenis jaringan berfungsi sebagai infrastruktur telekomunikasi untuk Internet dan intranet dan extranet perusahaan internetworked. Namun, dari titik pengguna akhir pandang, hanya ada beberapa tipe dasar, seperti lebar daerah dan daerah jaringan dan client / server, komputasi jaringan, dan peer-to-peer jaringan.
·         Wide Area Networks (WANs)
Jaringan telekomunikasi yang meliputi area geografis yang luas yang disebut luas jaringan (WAN). Jaringan yang mencakup kota besar atau wilayah metropolitan (metropolitan jaringan area) juga dapat dimasukkan dalam kategori ini. Jaringan yang besar tersebut telah menjadi kebutuhan untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari banyak bisnis dan pemerintah organisasi dan pengguna akhir mereka. Sebagai contoh, WAN digunakan oleh banyak perusahaan multinasional perusahaan untuk mengirim dan menerima informasi antara karyawan mereka, pelanggan, pemasok, dan organisasi lainnya di seluruh kota, daerah, negara, dan dunia.
·         Metropolitan Area Networks (MANs)
Ketika jaringan area luas dioptimalkan wilayah geografis tertentu, ini disebut sebagai jaringan area metropolitan (MAN). Jaringan tersebut dapat berkisar dari beberapa blok bangunan untuk seluruh kota. MAN juga dapat bergantung pada saluran komunikasi kecepatan data sedang sampai tinggi. PRIA mungkin dimiliki dan dioperasikan oleh satu organisasi,  tapi biasanya akan digunakan oleh banyak individu dan organisasi. MAN mungkin juga dimiliki dan dioperasikan sebagai utilitas publik. Penyedia kabel lokal Anda atau perusahaan telepon lokal mungkin beroperasi pada MAN. MAN akan sering memberikan berarti untuk internetworking jaringan area lokal.
·         Local Area Networks (LANs)
Jaringan area lokal (LAN) menghubungkan komputer dan perangkat pengolahan informasi lain dalam area fisik yang terbatas, seperti kantor, ruang kelas, bangunan, manufaktur tanaman, atau tempat kerja lainnya. LAN telah menjadi biasa di banyak organisasi untuk menyediakan kemampuan jaringan telekomunikasi yang menghubungkan pengguna akhir di kantor-kantor, departemen, dan kelompok kerja lainnya.LAN menggunakan berbagai media telekomunikasi, seperti kabel telepon biasa, kabel koaksial, atau bahkan radio nirkabel dan sistem inframerah, untuk interkoneksi mikro workstation dan peripheral komputer. Untuk berkomunikasi melalui jaringan, masing-masing PC biasanya memiliki sebuah papan sirkuit yang disebut kartu antarmuka jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan microcomputer lebih kuat dengan kapasitas besar hard disk, disebut file server atau server jaringan, yang berisi program sistem operasi jaringan yang mengontrol telekomunikasi dan penggunaan dan berbagi sumber daya jaringan. Sebagai contoh, mendistribusikan salinan file data umum dan paket perangkat lunak untuk mikrokomputer lain dalam jaringan dan kontrol akses ke printer laser bersama dan jaringan lainnya peripheral.
·         Virtual Private Networks (VPNs)
Banyak organisasi menggunakan jaringan pribadi virtual ( VPN ) untuk membangun intranet aman dan ekstranet . Sebuah virtual private network adalah jaringan aman yang menggunakan Internet sebagai yang jaringan backbone utama tetapi bergantung pada firewall jaringan , enkripsi , dan keamanan lainnya. Fitur koneksi internet dan intranet dan orang-orang dari organisasi yang berpartisipasi . Jadi, misalnya , VPN akan memungkinkan perusahaan untuk menggunakan Internet untuk membangun intranet aman antara kantor cabang yang jauh dan pabrik dan mengamankan extranet antara dirinya dan pelanggan bisnis dan pemasok. Menggambarkan VPN di mana router jaringan berfungsi sebagai firewall untuk menyaring lalu lintas internet antara dua perusahaan.
·         Client/Server Networks
Jaringan client / server telah menjadi arsitektur informasi dominan enterprisewide komputasi. Dalam sebuah jaringan client / server, pengguna akhir PC atau workstation NC adalah klien. Mereka dihubungkan oleh jaringan area lokal dan aplikasi share pengolahan dengan server jaringan, yang juga mengelola jaringan. (Pengaturan ini klien dan server kadang-kadang disebut arsitektur dua-tier client / server.) Lokal jaringan area (LAN) juga saling berhubungan dengan LAN lain dan jaringan luas (WAN) workstation klien dan server.
Sebuah kecenderungan terus adalah perampingan sistem komputer yang lebih besar dengan mengganti mereka dengan jaringan client / server. Sebagai contoh, jaringan client / server beberapa saling berhubungan jaringan area lokal dapat menggantikan jaringan berbasis mainframe besar dengan banyak terminal pengguna akhir. Pergeseran ini biasanya melibatkan upaya yang kompleks dan mahal untuk menginstal perangkat lunak aplikasi baru yang menggantikan perangkat lunak yang lebih tua, mainframe tradisional sistem informasi bisnis berbasis, sekarang disebut sistem warisan. Client / server jaringan yang dilihat sebagai lebih ekonomis dan fleksibel daripada sistem warisan dalam pertemuan end-user, workgroup, dan kebutuhan unit bisnis dan lebih mudah beradaptasi untuk menyesuaikan diri dalam beragam berbagai beban kerja komputasi.
·         Network Computing
Ketergantungan yang tumbuh di perangkat keras komputer, perangkat lunak, dan data sumber daya Internet, intranet, extranet, dan jaringan lain telah menekankan bahwa, untuk banyak pengguna, "jaringan komputer." komputasi jaringan ini atau networkcentric views konsep jaringan sebagai sumber daya komputasi pusat komputasi setiap lingkungan.
Thin client termasuk komputer jaringan, PC Net, dan lainnya perangkat jaringan murah atau peralatan informasi. Aplikasi dan database server menyediakan sistem operasi, perangkat lunak aplikasi, applet, database, dan perangkat lunak manajemen database yang dibutuhkan oleh pengguna akhir dalam jaringan. Komputasi jaringan kadang-kadang disebut model client / server three-tier karena terdiri dari thin client, aplikasi server, dan database server.
·         Peer-to-Peer Networks
Munculnya (P2P) teknologi jaringan peer-to-peer dan aplikasi untuk Internet sedang dipuji sebagai perkembangan yang akan berdampak besar pada e-bisnis dan e-commerce dan internet itu sendiri. Apapun manfaat tersebut klaim, jelas bahwa jaringan peer-to-peer adalah telekomunikasi yang kuat alat untuk banyak aplikasi bisnis jaringan.
Arsitektur jaringan murni peer-to-peer tidak memiliki direktori pusat atau server.
Pertama, perangkat lunak file-sharing dalam jaringan P2P menghubungkan PC Anda dengan salah satu pengguna online dalam jaringan. Kemudian link aktif ke nama pengguna ditularkan dari peer to peer untuk semua pengguna online dalam jaringan bahwa pengguna pertama (dan yang lainnya pengguna secara online) ditemui dalam sesi sebelumnya. Dengan cara ini, link aktif ke lebih dan rekan-rekan lebih menyebar ke seluruh jaringan semakin digunakan. Ketika Anda meminta berkas, perangkat lunak pencarian setiap user online dan mengirimkan daftar nama file yang aktif terkait dengan permintaan Anda. Mengklik pada salah satu dari ini secara otomatis mentransfer file dari hard drive pengguna tersebut dengan Anda.
Salah satu keuntungan utama dan keterbatasan arsitektur server pusat adalah yang ketergantungan pada direktori pusat dan server. Server direktori dapat diperlambat atau kewalahan oleh terlalu banyak pengguna atau masalah teknis. Namun, juga menyediakan jaringan dengan platform yang lebih baik dapat melindungi integritas dan keamanan konten dan pengguna jaringan. Beberapa aplikasi jaringan P2P murni, sebaliknya, telah yang bisa mengganggu dengan waktu respons yang lambat dan file palsu dan rusak.
Internet, sebagai awalnya dipahami pada akhir tahun 1960, adalah sistem peer-to-peer.
Tujuan dari ARPANET asli (nama versi awal Internet saat ini) adalah untuk berbagi sumber daya komputasi di seluruh Amerika Serikat. Tantangan untuk ini usaha adalah untuk engintegrasikan berbagai jenis jaringan yang ada, serta teknologi masa depan, dengan satu arsitektur jaringan yang umum yang akan memungkinkan setiap host menjadi pemain yang sama. Beberapa host pertama pada ARPANET (misalnya, UCLA dan University of Utah) sudah situs komputasi independen dengan status yang sama. ARPANET menghubungkan mereka bersama-sama tidak dalam master / slave atau hubungan client / server, melainkan komputasi rekan-rekan sebagai sama.

I.       Tekologi Kabel
·         Coaxial Cable
Kabel coaxial terdiri dari kawat tembaga atau aluminium kokoh dibungkus dengan spacer untuk
melindungi dan melindunginya. Penutup kabel dan isolasi meminimalkan gangguan dan distorsi sinyal kabel membawa. Kelompok kabel koaksial dapat dibundel bersama-sama dalam kabel besar untuk kemudahan instalasi. Garis berkualitas tinggi ini dapat ditempatkan bawah tanah dan diletakkan di lantai danau dan lautan. Mereka memungkinkan kecepatan tinggi transmisi data (dari 200 juta menjadi lebih dari 500 juta bit per detik-200-500 Mbps) dan digunakan sebagai pengganti garis kawat twisted-pair in-service tinggi metropolitan daerah, untuk sistem televisi kabel, dan untuk koneksi jarak pendek dari komputer dan perangkat periferal. Kabel koaksial juga digunakan di banyak gedung perkantoran dan lainnya worksites untuk jaringan area lokal.
·         Fiber Optics
Serat optik menggunakan kabel yang terdiri dari satu atau lebih-rambut tipis filamen serat kaca
dibungkus jaket pelindung. Mereka dapat melakukan pulsa elemen cahaya tampak (foton)
dihasilkan oleh laser pada tingkat transmisi setinggi triliunan bit per detik (terabit per detik, atau Tbps). Kecepatan ini ratusan kali lebih cepat dari kabel koaksial dan ribuan kali lebih baik daripada garis kawat twisted-pair. Kabel serat optik memberikan ukuran besar dan pengurangan berat badan serta peningkatan kecepatan dan lebih besar daya dukung. Sebuah kabel serat optik setengah inci diameter dapat membawa lebih dari 500.000 saluran, dibandingkan dengan sekitar 5.500 saluran untuk kabel koaksial standar.
Serat optik link Tanjungpandan menggunakan Kabel Yang terdiri Bahasa Dari Satu atau lebih-Rambut Tipis filamen Serat Kaca dibungkus jaket Pelindung. Mereka dapat melakukan pulsa elemen Cahaya Tampak (Foton). Diposkan oleh dihasilkan Laser PADA tingkat Transmisi setinggi triliunan bit per Detik (terabit per Middle East, atau Tbps). Kecepatan Suami ratusan Kali lebih CEPAT Bahasa Dari Kabel koaksial Dan ribuan Kali lebih BAIK daripada gari KAWAT twisted-pair. Kabel Serat optik link Tanjungpandan memberikan UKURAN Besar Dan pengurangan berat untuk badan Serta peningkatan kecepatan Dan lebih Besar Daya dukung. Sebuah Kabel optik link Tanjungpandan Serat setengah inci diameter dapat membawa lebih Bahasa Dari 500.000
saluran, dibandingkan Artikel Baru sekitar 5.500 saluran untuk Kabel koaksial Standar.

J.      Teknologi Nirkabel
Teknologi telekomunikasi nirkabel bergantung pada gelombang radio, microwave, inframerah,
dan pulsa cahaya tampak untuk mengangkut komunikasi digital tanpa kabel antara
perangkat komunikasi. Teknologi nirkabel termasuk microwave terestrial, komunikasi
satelit, seluler dan PCS telepon dan pager sistem, radio mobile data,
wireless LAN, dan berbagai teknologi Internet nirkabel. setiap teknologi
menggunakan rentang tertentu dalam spektrum elektromagnetik (dalam megahertz) dari elektromagnetik frekuensi yang ditentukan oleh badan pengatur nasional untuk meminimalkan
gangguan dan mendorong telekomunikasi yang efisien. Sepeti:
Terrestrial Microwave, Communications Satellites, Cellular and PCS Systems, Wireless LANs, Bluetooth, The Wireless Web.
K.    Telecommunications processors
Prosesor telekomunikasi seperti modem, multiplexer, switch, dan router
melakukan berbagai fungsi pendukung antara komputer dan perangkat lain dalam
jaringan telekomunikasi. Mari kita lihat beberapa prosesor ini dan mereka
fungsi.
·         Modems
Modem adalah jenis yang paling umum dari prosesor komunikasi. Mereka mengkonversi
sinyal digital dari komputer atau terminal transmisi di salah satu ujung komunikasi yang
Link ke frekuensi analog yang dapat ditransmisikan melalui telepon biasa
baris. Modem di ujung lain dari garis komunikasi mengubah ditransmisikan
data kembali ke dalam bentuk digital pada terminal penerima. Proses ini dikenal sebagai modulasi dan demodulasi, dan modem kata adalah singkatan gabungan dari dua kata.
Modem datang dalam beberapa bentuk, termasuk unit yang berdiri sendiri kecil, plug-in sirkuit papan, dan kartu modem dilepas untuk PC laptop. Kebanyakan modem juga mendukung berbagai fungsi telekomunikasi, seperti kontrol kesalahan transmisi, otomatis
panggilan dan menjawab, dan kemampuan fax. Seperti ditunjukkan dalam Gambar 6.21, modem adalah digunakan dalam pengaturan pribadi-rumah untuk menerima data dari penyedia jasa layanan internet dan mengubahnya menjadi masukan untuk PC.
·         Internetwork Processors
Jaringan telekomunikasi saling berhubungan dengan komunikasi tujuan khusus
prosesor yang disebut prosesor internetwork , seperti switch , router , hub ,
dan gateway . Switch adalah prosesor komunikasi yang membuat hubungan antara
sirkuit telekomunikasi di jaringan . Switch sekarang tersedia di
versi dikelola dengan kemampuan manajemen jaringan . Sebuah jembatan adalah perangkat yang menghubungkan dua atau lebih jaringan area lokal yang menggunakan aturan komunikasi yang sama atau protokol . Sebaliknya , router adalah prosesor komunikasi cerdas yang menghubungkan jaringan berdasarkan aturan atau protokol yang berbeda , sehingga telekomunikasi yang pesan dapat dialihkan ke tujuan. Sebuah hub adalah komunikasi pelabuhan –switching processor . Versi lanjutan dari kedua hub dan switch menyediakan switching otomatis antara koneksi yang disebut port untuk akses bersama ke sumber daya jaringan itu . Workstation, server , printer , dan sumber daya jaringan lain yang biasanya dihubungkan ke pelabuhan . Jaringan yang menggunakan arsitektur komunikasi yang berbeda saling berhubungan dengan menggunakan prosesor komunikasi yang disebut gateway . semua ini perangkat sangat penting untuk menyediakan konektivitas dan akses mudah antara beberapa
LAN dan jaringan luas yang merupakan bagian dari intranet dan jaringan client / server
di banyak organisasi .
·         Multiplexers
Multiplexer adalah prosesor komunikasi yang memungkinkan komunikasi tunggal
saluran untuk membawa transmisi data yang simultan dari berbagai terminal. proses ini
dicapai dalam dua cara dasar. Dalam pembagian frekuensi multiplexing (FDM), multiplexer
secara efektif membagi saluran berkecepatan tinggi menjadi beberapa saluran lambat kecepatan. di
time division multiplexing (TDM), multiplexer membagi waktu setiap terminal dapat
menggunakan baris kecepatan tinggi dalam slot waktu yang sangat singkat, atau bingkai waktu.
L.     Telecommunication Software
Software telekomunikasi adalah komponen penting dari semua jaringan telekomunikasi.
Telekomunikasi dan perangkat lunak manajemen jaringan bisa berada dalam PC,
server, mainframe, dan prosesor komunikasi seperti multiplexer dan router.
Server jaringan dan komputer lain di jaringan menggunakan program ini untuk mengelola
kinerja jaringan. Program manajemen jaringan melakukan fungsi seperti otomatis
memeriksa PC client untuk kegiatan input / output, menetapkan prioritas data
permintaan komunikasi dari klien dan terminal, dan mendeteksi dan memperbaiki
kesalahan transmisi dan masalah jaringan lainnya.
Fungsi Telekomunikasi dibangun ke Microsoft Windows dan operasi lainnya
sistem menyediakan berbagai komunikasi layanan dukungan. Sebagai contoh, mereka bekerja
dengan prosesor komunikasi (seperti modem) untuk menghubungkan dan memutuskan komunikasi
link dan untuk menetapkan parameter komunikasi seperti transmisi
kecepatan, mode, dan arah.
·         Network Management
Paket manajemen jaringan seperti sistem operasi jaringan dan telekomunikasi
monitor menentukan prioritas transmisi, rute (switch) pesan, terminal jajak pendapat
dalam jaringan, dan bentuk menunggu baris (antrian) permintaan transmisi. mereka
juga mendeteksi dan memperbaiki kesalahan transmisi benar, statistik aktivitas jaringan log, dan melindungi sumber daya jaringan dari akses yang tidak sah
.

M.   Network Topologies
Ada beberapa tipe dasar topologi jaringan, atau struktur, di telekomunikasi
jaringan. Gambar 6.24 mengilustrasikan tiga topologi dasar yang digunakan dalam wilayah yang luas dan jaringan telekomunikasi area lokal. Sebuah jaringan star mengikat komputer end-user ke
komputer pusat. Sebuah jaringan cincin ikatan prosesor komputer lokal bersama-sama dalam sebuah cincin di secara lebih sama. Sebuah jaringan bus adalah jaringan di mana prosesor lokal berbagi bus yang sama, atau saluran komunikasi. Sebuah variasi dari jaringan cincin adalah mesh
jaringan. Menggunakan jalur komunikasi langsung untuk menghubungkan beberapa atau semua komputer di ring satu sama lain
. Jaringan kabel dapat menggunakan kombinasi bintang, cincin, dan pendekatan bus. Jelas, jaringan bintang adalah lebih terpusat, sedangkan jaringan cincin dan bus memiliki pendekatan yang lebih terdesentralisasi. Namun, hal ini tidak selalu terjadi. Sebagai contoh, komputer pusat dalam konfigurasi bintang mungkin hanya bertindak sebagai switch, atau messageswitching komputer yang menangani komunikasi data antara komputer lokal otonom. Star, cincin, dan bus jaringan berbeda dalam kinerja mereka, kehandalan, dan
biaya. Sebuah jaringan star murni dianggap kurang dapat diandalkan dibandingkan jaringan cincin, karena komputer lain di bintang sangat bergantung pada komputer host pusat. Jika
gagal, tidak ada pengolahan cadangan dan kemampuan komunikasi, dan komputer lokal
terputus dari satu sama lain. Oleh karena itu, adalah penting bahwa komputer host
sangat handal. Memiliki beberapa jenis arsitektur multiprosesor untuk memberikan sebuah faulttolerant Kemampuan adalah solusi umum.



















BAB III
KESIMPULAN
Telekomunikasi dan teknologi jaringan internetworking dan revolusi bisnis dan masyarakat. Bisnis telah menjadi perusahaan jaringan. Internet, Web, dan intranet dan extranet yang jaringan proses bisnis dan karyawan bersama-sama dan menghubungkan mereka dengan pelanggan, pemasok, dan pemangku kepentingan bisnis lainnya. Perusahaan dan kelompok kerja sehingga dapat berkolaborasi lebih masing, mengelola operasi bisnis mereka dan sumber daya secara lebih efektif, dan bersaing dengan sukses dalam ekonomi global yang cepat berubah.
Menurut definisi, jaringan istilah berarti saling berhubungan atau saling rantai, kelompok, atau sistem. Menggunakan definisi ini, kita dapat mulai mengidentifikasi semua jenis jaringan: rantai hotel, sistem jalan, nama-nama dalam buku seseorang alamat atau PDA, sistem kereta api, para anggota gereja, klub, atau organisasi.












DAFTAR PUSTAKA
O’Brien, James A. 1937. Introduction to Informtion Systems Fifteenth Edition. Kansas: The McGraw Hill-Companies.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar